Selasa, 20 Oktober 2009

Air Kencing Pembangkit energi

Ada-ada saja teknologi yang satu ini. Dengan "alasan" hemat energi, saat ini ada sebuah baterai isi ulang yang dibuat dengan sangat unik. Baterai yang dinamakan NoPoPo tersebut bisa diisi ulang dengan memanfaatkan beragam cairan, termasuk air kencing!

Sebuah perusahaan bernama Aqua Power System yang berbasis di Jepang telah memamerkan NoPoPo di ajang CES (Consumer Electronic Show) 2009 yang belum lama berakhir.

Selain dengan air kencing, isi ulang NoPoPo juga bisa memanfaatkan air bir, jus apel, dan minuman cola. Caranya cukup dengan memasukkan cairan pada penampung kecil yang ditautkan di baterai.

Cairan yang tertumpah pada batangan yang disiapkan pada baterai tersebut akan membangkitkan reaksi antara magnesium dan alumunium di baterai. Dengan begitu, baterai akan segera terisi ulang.



Hanya saja, kendala baterai ini rupanya masih belum kuat. Konon dayanya hanya cukup mendayai perangkat seperti jam mungil. Tertarik? NoPoPo sudah tersedia di Jepang dan dilepas dengan harga sekitar US$ 15 per unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar