Senin, 19 Oktober 2009

 Manusia Tertinggi dan terpendek di dunia .. !!

China kini memang jadi ikon dunia karena di sana segala ada. Mulai dari macam-macam produk berharga miring, hingga hal unik yang tak ada duanya di dunia. Untuk hal terakhir ini, China punya ikon unik, yakni mereka memiliki manusia tertinggi dan terpendek di dunia.

Pada buku Guinness Book of Record 2007, manusia tertinggi dunia tercatat berasal dari China yaitu Bao Xishun dengan tinggi 7 kaki 9 inci atau sekitar 2,36 meter. Sedangkan manusia terpendek-juga berasal dari China-bernama He Pingping. Tingginya hanya 2 kaki 4 inci atau sekitar 73 centimeter.


Bao yang kini beristrikan Xia Shujun ini merupakan penduduk Chi Feng, Mongolia Dalam, China. Pertumbuhan pria yang berprofesi sebagai gembala ini dari kecil sampai usia 16 tahun sebenarnya tergolong normal. Namun, selama tujuh tahun kemudian pertumbuhannya sangat pesat hingga menjulang sampai setinggi dua meter lebih.

Sedangkan He Pingping yang lahir pada Juli 1988 ini berasal dari Mongolia Dalam, China. Menurut ayahnya, ketika lahir He berukuran sangat kecil seperti palem. Pertumbuhannya sangat lambat. Kemudian ia memeriksakan he ke dokter. Menurut dokter penyebabnya adalah kelainan tulang yang disebut dengan osteogenesis imperfecta.

Namun, kini rekor Bao sebagai manusia tertinggi menurut Guinness Book of Record terbaru tahun 2008, sudah terpecahkan. Ia kalah dari Leonid Ivanovyc Stadnyk asal Uni Soviet yang memiliki tinggi 8 kaki lebih 6 inchi atau setinggi 2,59 meter.

Meski begitu, Bao dan He masih merupakan "produk" China yang dianggap sangat unik. Karena itu, selisih tinggi mereka yang sangat ekstrim akan dipertontonkan dalam sejumlah karnaval di China hingga Eropa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar