Selasa, 20 Oktober 2009

Monyet Pembersih Gigi

Kawanan monyet makaka yang tinggal di sekitar Wihara Lopburi, Thailand, mahir membersihkan giginya. Kemampuan tersebut dipelihara secara turun-tumurun.
Menurut hasil penelitian terbaru, kawanan monyet (sekitar 50 ekor) membersihkan giginya dengan menggunakan ranting pohon, serabut kelapa, bahkan rambut manusia (yang mereka dapatkan dari para pengunjung wihara). Alat-alat itu digunakan seperti kita menggunakan benang gigi (dental floss).
Setelah itu, para induk monyet mendemonstrasikan kebiasaan ini di depan anak-anak mereka. Waktunya cukup lama. Kegiatan itu juga dilakukan secara berulang-ulang, diselingi dan waktu istirahat sejenak.
Penelitian mengenai kebiasaan unik ini, antara lain dilakukan oleh ahli primata dari Universitas Kyoto, Jepang: Nobuo Masataka. Sayangnya, hingga saat ini, ia dan peneliti lain belum tahu, kapan dan siapa yang mengajari kebiasaan ini pada kawanan monyet di Lopburi.

Menurut Masataka, pendidikan memang ciri khas primata, yang muncul sejak lama. Kita perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar